Senin, 21 Maret 2011

Soft Skill

Apa itu soft skill? Soft skill adalah karakter yang berada dalam diri seseorang. Orang yang mempunyai soft skill bisa disebut juga orang extrovert. Tipe orang ini mampu beradaptasi dan diterima di lingkungannya sendiri. Jangan menganggap remeh soft skill yang ada dalam diri seseorang. Karena soft skill itu menentukan sukses sebanyak 65%. Sedangkan sisanya adalah kemampuan akademik dan lain-lain. Orang yang mempunyai soft skill yang baik mudah diterima bekerja. Banyak orang berpendapat bahwa untuk mendapatkan orang pintar bekerja itu sangat mudah, tapi untuk mendapatkan orang baik itu sangat sulit.

Soft skill seseorang bisa dilihat dari  beberapa sudut pandang. Soft skill bisa dinilai dari cara orang itu berpakaian. Apakah pakaiannya rapi atau acak-acakan. Bisa dilihat dari cara berbicara. Apakah dia sering berbicara kasar atau tidak. Bisa dilihat dari caranya berjalan. Apakah dia jalan santai atau jalan terburu-buru kayak dikejar setan. hahaha. Bisa dilihat dari expresi wajahnya. Apakah dia sering tersenyum atau tidak kalau bertemu orang. Pokoknya banyak macam deh soft skill seseorang bisa dibilang baik atau tidak.

Bagaimana melatih soft skill? Untuk melatih soft skill sebenarnya mudah saja. Itu dikembalikan masing-masing ke diri anda masing-masing. Mulai dari sekarang anda bisa melatih soft skill tersebut. Bergaullah dengan banyak orang adalah salah satu cara melatih soft skill. Bersikap sopan dengan orang tua. Rajin menolong teman jika kita dibutuhkan. Mau terlibat dengan salah satu organisasi apa saja. Belajar untuk tidak membenci orang lain. Mampu mengontrol emosi dan mengendalikan diri sendiri. Latihlah soft skill tersebut sesering mungkin agar kelak anda menjadi orang yang sukses di masyarakat.

Kesimpulan: Semua orang membutuhkan soft skill untuk kebutuhan hidup bersama. Dengan mempunyai soft skill kita bisa hidup tentram dengan orang lain. Tidak ada rasa permusuhan antara yang satu dengan yang lain. Soft skill sangat berperan di dalam kehidupan. Utamakanlah soft skill anda!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar